Thursday, February 25, 2010

Prototype

prototype03

 Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai Alex Mercer. Cerita game ini dimulai saat Alex terbangun disebuah Lab dengan kondisi amnesia dan gawatnya lagi, hampir semua orang yang ditemui berusaha memburu dan membunuhnya. Ditambah lagi kota NewYork telah dipenuhi para mayat hidup, (orang yang terjangkiti oleh virus). Alex Mercer pun terkena infeksi virus tersebut, namun infeksi tersebut malah menjadikan dia memiliki kemampuan yang aneh yang dapat berfungsi sebagai senjata yang brutal dalam menghadapi musuh. Alex Mercer pun mencari ingatan dirinya yang hilang di kota New York yang Open-World.
Prototype merupakan salahsatu game action-adventure yang memiliki konsep gameplay yang sama dengan game GTA. Dimana pemain dapat bergerak bebas dan menghalalkan segala cara dalam menyelesaikan misi yang diemban. Namun tidak seluruh area di kota NewYork akan terbuka untuk dijelajahi. Pemain mesti menyelesaikan misi utama dalam game ini untuk membuka area – area baru. Misi – misi dalam game ini terkadang mengharuskan pemain untuk melindungi target, mengikuti target secara diam-diam, dan pada beberapa misi, pemain juga bakal berhadapan dengan Boss Battle. Disamping dari menjalani misi utama yang linear, pemain juga dapat mengikuti puluhan misi sekunder serta mengumpulkan Orb yang tersebar di penjuru kota.

prototypecover

Begitu pemain berhasil menyelesaikan misi utama dalam game ini, pemain bakal dapat melihat berapa banyak bonus Evolution Point yang didapat. Semakin banyak Alex berhasil menjatuhkan musuh – musuhnya, mengkonsumsi mahluk hidup yang ditemui, dan menyelesaikan misi. Maka semakin banyak pula point EP yang berhasil dikumpulkan. Setelah mendapatkan banyak EP, pemain dapat membeli skill – skill baru untuk meningkatkan performa bertarung Alex. Karena seiring permainan berjalan, musuh – musuh yang bakal dihadapi juga semakin kuat. Pembuat game ini, telah mengemas sejumlah skill yang cukup banyak dalam pohon skill yang menjabar panjang. Seperti dengan membuka skill pasif, pemain bisa membeli skill Health Boost, Health Regeneration (untuk mempercepat regenerasi health Alex saat berkurang), meningkatkan kecepatan berlari, meningkatkan tinggi dan jauhnya lompatan, dsbnya. Kemudian dengan membuka skill menyerang, Alex bisa memiliki berbagai macam jurus baru, seperti Hammer Fist, dan sebagainya.

prototype01

Dalam bertarung, Alex juga dapat mengunci musuhnya dengan menekan tombol LT pada joystick dan Alex dapat memunculkan berbagai variasi serangan, mulai dari serangan biasa dengan menekan tombol X dan serangan dahsyat dengan menekan tombol Y, serangan area, dan bahkan juga dapat melakukan serangan mematikan secara diam-diam. Kemudian jika, Alex terpojok, dia juga dapat mengangkat sebuah mobil dan melemparkannya ke arah musuh.
Musuh yang dihadapi dalam game ini cukup bervariasi, mulai dari yang lemah hingga yang sangat tangguh, seperti mayat hidup, Hunters, Supreme Hunters yang terkena virus, Super Soldiers yang terkena virus, dsb nya. Saya sendiri pernah mengalami frustasi saat berusaha lolos dari kejaran sekompi musuh yang ekstrim. Untungnya, jika health Alex mulai menipis, dia memiliki kemampuan untuk mengkonsumsi mahluk hidup untuk mengisi meter health yang berkurang. Namun, beberapa musuh tertentu dapat dikonsumsi tetapi tidak dapat meningkatkan jumlah health yang berkurang.
Tampilan game ini mengunakan pandangan orang ketiga dengan desain layar permainan yang cukup luas, sehingga pemain bisa melihat sekeliling area. Dengan posisi meter health pada kiri atas layar dan mini map pada posisi kiri bawah layar permainan. Untuk sinematik dalam game ini tersaji dengan keren, begitu juga dengan model karakter Alex yang dirender dengan detil dan halus. Engine game yang digunakan Prototype ini juga mampu menghadirkan banyak musuh dan ledakan secara sekaligus dalam satu layar tanpa penurunan frame rate. Dari segi suara, sejauh ini terdengar pas sesuai dengan event yang terjadi.


prototype02

Overall, Game action ini cukup mengasikan dengan konsep gameplay Open-World, dimana pemain dapat menjelajahi kota, menghancurkan dan membajak kendaraan, seperti Tank dan bahkan juga Helikopter yang sedang terbang di angkasa. Kemudian membunuh penduduk kota dan melarikan diri dengan melompat dari gedung ke gedung. Disamping itu, intrik cerita game ini juga cukup menarik untuk diikuti.

Prototype
Publisher : Activision
Developer : Radical Entertainment
Genre : Action Adventure
Platform : Xbox360
Score
Gameplay 80
Graphic 85
Sound 80

Sumber

No comments:

Post a Comment